English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

B A P T I S A N

Posted by andrey Saroinsong 07.03, under ,, | No comments


B A P T I S A N 



Salah satu keterangan yang penting dalam Alkitab tentang baptisan, kita baca dalam ayat berikut : Markus 16:15,16 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Ayat di atas ini menegaskan betapa pentingnya baptisan dan bahwa kita harus mengetahui arti baptisan itu menurut kehendak Allah. Banyak tafsiran manusia terhadap pelajaran tentang baptisan itu menurut pikiran manusia itu sendiri, tetapi hanya Alkitab sajalah yang berhak memberitahukan yang benar. Makna Baptisan dan sarana Baptisan: Roma 6:3-5 Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya? Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru. Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya.

Jelaslah disini bahwa apabila seorang menerima Yesus Kristus sebagai Juruselamatnya, maka ia harus mengalami suatu kehidupan yang baru. Cara satu-satunya untuk memasuki hidup baru bersama Yesus Kristus adalah dengan jalan kematian dan kelahiran kembali dalam arti rohani. Tegasnya, kematian dari segala sifat kehidupan yang lama dan kelahiran dalam segala sifat kehidupan yang baru, dan kedua proses itu dinyatakan dengan baptisan. Atau setelah seorang telah menguburkan di dalam air baptisan segala kehidupan lamanya yang penuh dengan dosa itu, maka ia pun bangkit keluar lagi dalam air baptisan itu sebagai manusia baru, yang selanjutnya ia memulaikan suatu kehidupan yang seluruhnya baru !
Atau dapat pula kita simpulkan bahwa apabila seseorang dibaptiskan maka ia menerima kematian Yesus untuk mengampuni dosanya, karena baptisan itu adalah suatu lambang, bahkan suatu tugu peringatan yang besar tentang kematian Yesus, penguburan-Nya dan kebangkitan-Nya. Seorang yang dibaptiskan di dalam kuburan air, tidak akan tetap berada di dalam air itu, melainkan ia harus keluar lagi dari dalam air, dan kebangkitannya itu adalah kepada kehidupan baru di dalam Yesus Kristus. Inilah yang disebut, kehidupan Kristen !
Kolose 2:12 karena dengan Dia kamu dikuburkan dalam baptisan, dan di dalam Dia kamu turut dibangkitkan juga oleh kepercayaanmu kepada kerja kuasa Allah, yang telah membangkitkan Dia dari orang mati.
Yesus berkata bahwa baptisan ini adalah sangat penting dan bersifat menentukan bagi keselamatan seseorang karena firman-Nya, "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam kerajaan Allah." ( Yohanes 3:5).
Air adalah elemen yang terbaik untuk baptisan (Kisah 10:47-48). - Yohanes pembaptis membaptis di Ainon "sebab ada banyak air disana" (Yohanes 3:23). Baptisan mencakup datang ke tempat dimana disitu ada air (menemukan air dan orang yang akan dibaptiskan bersama-sama (Kisah 8:36). Baptisan mencakup turun ke dalam air (Kisah 8:36). Setelah baptisan keluar dari dalam air (Matius 3:16; 8:39). Baptisan mencakup penguburan, "dikuburkan bersama Dia di dalam baptisan" (Kolose 2:12). Baptisan mencakup kebangkitan (Roma 6:4, 5).
Esensi Baptisan : Dalam Markus 16:16, Yesus berkata, "Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum." Menurut perkataan Yesus ini, siapa yang akan diselamatkan? Seorang yang percaya sajakah? Tidak, seorang yang dibaptis sajakah? Tidak, tetapi seorang yang percaya dan dibaptiskan.
Di dalam Perjanjian Baru ada setidaknya 6 ayat yang didalamnya menyebutkan; (1) Baptisan dan
(2) Keselamatan atau penerimaan berkat dari Tuhan. Markus 16:16 --> Dibaptiskan --> Akan diselamatkan
Markus 16:16 Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.
Kisah 2:38 --> Berbaptis --> Pengampunan dosa Kisah 2:38 Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus. Kisah 22:16 --> Berbaptis --> Membasuh dosa-dosa bersih
Kisah 22:16 Dan sekarang, mengapa engkau masih ragu-ragu? Bangunlah, berilah dirimu dibaptis dan dosa-dosamu disucikan sambil berseru kepada nama Tuhan!
Roma 6:3, 4 --> Dibaptiskan --> Ke dalam Kristus, untuk kehidupan baru. Roma 6:3, 4 6:3 Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya? 6:4 Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.
Galatia 3:27 --> Dibaptiskan --> Ke dalam Kristus. Galatia 3:27 Karena kamu semua, yang dibaptis dalam Kristus, telah mengenakan Kristus.
1 Petrus 3:21 --> Baptisan --> Yang sekarang menyelamatkan 1 Petrus 3:21 Juga kamu sekarang diselamatkan oleh kiasannya, yaitu baptisan -- maksudnya bukan untuk membersihkan kenajisan jasmani, melainkan untuk memohonkan hati nurani yang baik kepada Allah -- oleh kebangkitan Yesus Kristus, Baptisan adalah kesaksian dari apa yang terjadi di dalam kehidupan orang percaya. Baptisan melukikan identifikasi orang percaya dengan kematian Kristus, penguburanNya dan kebangkitanNya. Alkitab menyatakan, "Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya? Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru (Roma 6:3-4). Dalam baptisan, dimasukkan ke dalam air menggambarkan dikuburkan dengan Kristus. Keluar dari air menggambarkan kebangkitan Kristus.
Dalam upacara baptisan ada dua persyaratan sebelum seseorang dibaptiskan: (1) orang yang dibaptis harus sudah percaya pada Yesus Kristus sebagai Juruselamat, (2) orang itu harus mengerti apa makna dari baptisan.
Jikalau seseorang mengenal Yesus sebagai Juruselamat, memahami bahwa baptisan adalah langkah ketaatan dalam memperkenalkan imannya kepada Kristus secara terbuka, dan ingin dibaptiskan, maka tidak ada alasan untuk menghalangi orang percaya tsb dari menerima baptisan. Menurut Alkitab, baptisan adalah langkah ketaatan, pernyataan iman seseorang secara terbuka bahwa dia percaya kepada Kristus sebagai satu-satunya jalan keselamatan. Baptisan adalah sesuatu hal penting karena itu adalah langkah ketaatan, pernyataan iman kepada Kristus secara terbuka dan komitmen kepadaNya, dan menyamakan diri dengan kematian, penguburan dan kebangkitan Kristus.
Kendala Baptisan Ada orang bertanya, bagaimanakah dengan seorang pencuri di kayu salib, yang tidak pernah dibaptis, tetapi mendapat tempat di dalam kerajaan-Nya ? Memang di dalam Kitab Suci kita akan dapati pula pengertian adanya, "Baptisan Roh Kudus", yaitu yang terjadi secara tidak kelihatan, bagi seseorang yang bertobat dan kemudian pertobatan itu nyata dalam kehidupannya secara terbuka, dan apa yang kita telah pelajari ialah "baptisan air". Pencuri di kayu salib adalah sebagai satu bukti bahwa hati yang telah diserahkan kepada Roh Kudus dengan pertobatan dan pengakuan, lalu menerima janji dan keselamatan itu. Secara manusia, sudah tidak mungkin baginya pada saat itu untuk diturunkan dari kayu salib dan dibaptis di dalam air sebagai lambang perubahan hatinya. Tetapi di atas salib ia mengaku dan bertobat dan percaya kepada kuasa Yesus, maka Yesus menerima pengakuannya.
Namun demikian bagi setiap orang yang dapat dan mungkin dan mempunyai waktu untuk mengikuti syarat baptisan melaui air, maka ia wajib menyempurnakan pengakuannya dalam baptisan air itu. Karena Yesus berkata :
"Sebab barangsiapa malu karena Aku dan karena perkataan-Ku, Anak Manusia juga akan malu akan orang itu, apabila Ia datang kelak dalam kemuliaan-Nya dan dalam kemuliaan Bapa dan malaikat-malaikat kudus." (Lukas 9:26).
Baptisan itu adalah sangat penting, karena upacara itu merupakan tanda bahwa kita telah diterima menjadi anggota keluarga Allah. "Jawab Yesus, 'Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah." (Yohanes 3:5).
Sebenarnya air itu sendiri tidaklah mempunyai kuasa apa-apa untuk meyelamatkan, kecuali sebagai lambang untuk menyucikan dosa, dan suatu lambang tentang darah Yesus yang menyucikan dosa manusia. Perhatikanlah pula ayat berikut ini,
"Untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman supayadengan demikian Ia menempatkan jemaat dihadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela." (Efesus 5:26,27).
Baptisan adalah satu langkah yang harus diambil dengan berani oleh tiap orang yang percaya dan menerima Yesus Kristus sebagi juruselamatnya. Mengambil keputusan untuk dibaptiskan, berarti kita memasuki suatu perubahan dalam kehidupan kita, sebelumnya sebagai seorang asing dalam lingkungan keluarga Allah, menjadi anggota keluarga Allah dan warga kerajaan surga.
Efesus 2:19,20 2:19 Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah, 2:20 yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru. .
Apabila seorang telah mengakui dan bertobat dari dosa-dosanya dan menerima Yesus sebagai Juruselamatnya, berapa lamakah ia harus menunggu untuk dibaptis ?
"Dan sekarang mengapa engkau masih ragu-ragu ? Bangunlah, berilah dirimu dibaptis, dan dosa-dosamu disucikan sambil berseru kepada nama Tuhan." (Kisah 22:16).
Setan berusaha menghalangi tiap orang untuk mengambil keputusan dan dibaptiskan, tetapi apabila saudara mau mengikuti Yesus Kristus, dan rindu diselamatkan untuk hidup kekal dan menjadi warga negara kerajaan surga, janganlah berlambatan, melainkan dengan kuasa Yesus Kristus, terimalah keputusan itu.
Sementara baptisan merupakan hal yang utama dipentingkan dalam memperbolehkan kita untuk masuk dalam keselamatan yang besar yang mana tersedia dalam Kristus, kita harus berhati-hati untuk tidak memberi kesan bahwa dengan satu tindakan akan baptisan saja kita akan diselamatkan.
Kita telah diperlihatkan lebih dulu bagaimana hidup yang bersekutu terus menerus dengan penyaliban Kristus adalah penting: "jika seserang tidak dilahirkan dari air dan roh, dia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah" (Yohanes 3:5). Perbandingan dengan 1 Petrus 1:23 menunjukkan bahwa kelahiran yang sesuai dengan baptisan haruslah diikuti dengan Buah Roh.
Keselamatan tidak hanya tertuju pada baptisan: hal itu adalah hasil dari kasih anugerah (Efesus 2:8), iman (Roma 1:5) dan pengharapan (Roma 8:24), mengatasi segala hal. Terkadang terdengar bahwa keselamatan hanyalah oleh iman, dan oleh sebab itu pekerjaan seperti
baptisan sepertinya tidak relevan. Bagaimanapun, Yakobus 2:17-24 membuat secara jelas bahwa alasan sedemikian membuat pemikiran yang sesat antara iman dan tindakan; iman yang benar, contohnya dalam injil ditunjukkan perbuatan-perbuatan iman yang mana di dalamnya menhasilkan, seperti baptisan. "manusia dibenarkan oleh karena perbuatan-perbuatannya dan bukan hanya karena iman" (Yakobus 2:24). Pekerjaan menyelamatkan kita secara keseluruhan telah dilakukan oleh Allah, tetapi kita perlu melakukan "tindakan pertobatan" dan percaya akan hal ini (Kisah 26:20; Markus 16:15,16).
Dalam beberapa kasus baptisan, orang percaya bertanya akan apa yang harus dia "perbuat" untuk diselamatkan; jawabannya selalu melibatkan baptisan (Kisah 2:37; 9:6; 10:6; 16:30). Melakukan suatu tindakan baptisan yang merupakan indikasi penting akan kepercayaan kita terhadap injil keselamatan.



Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya ya.....

0 komentar:

Posting Komentar

Tags

WAJIB DIBACA

Renungan Harian

RENUNGAN HARIAN RedwhiteNewbie ----------------------------------------------------------

Labels

Blog Archive

linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive